Inference Engine
Secara umum, untuk mendeskripsikan masalah dengan baik, hendaknya:
- Mendefenisikan suatu ruang keadaan
- Menetapkan satu atau lebih keadaan awal
- Menetapkan satu atau lebih tujuan
- Menetapkan kumpulan aturan
Beberapa cara untuk merepresentasikan ruang keadaan, yakni:
- Graf Keadaan
- Pohon Pelacakan
- Pohon AND/OR
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
- Graf Keadaan
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
- Graf Keadaan
Pada graf keadaan dengan arah di atas:
>> Ada 4 lintasan yang mencapai tujuan, yakni :
1. M-A-B-C-E-T
2. M-A-B-C-E-H-T
3. M-D-C-E-T
4. M-D-C-E-H-T
>> Ada 5 lintasan yang tidak mencapai tujuan yakni :
1. M-A-B-C-E-F-G
2. M-A-B-C-E-I-J
3. M-D-C-E-F-G
4. M-D-C-E-I-J
5. M-D-I-J
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
- Graf Keadaan
Kelemahan graf berarah:
>> Memungkinkan terjadi siklus (perulangan) seandainya graf tidak memiliki arah.
>> Sulit mencapai tujuan
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
b. Pohon Pelacakan
Untuk menghindari kemungkinan adanya proses pelacakan suatu node secara berulang, maka digunakan struktur pohon
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
b. Pohon Pelacakan
à Keuntungan pohon pelacakan:
>> Tujuan tercapai
>> Tidak terjadi siklus
à Kelemahan pohon pelacakan:
>> Proses pelacakan agak lama (perlu waktu
lama)
• 2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN
c. Pohon AND/OR
Kelemahan pada teknik pohon pelacakan dapat diselesaikan dengan teknik pelacakan menggunakan pohon AND/OR.
Metode Pencarian dan Pelacakan
Ada 2 teknik pencarian dan pelacakan, yakni:
- Pencarian Buta (Blind Search)
a. Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)
b. Pencarian Mendalam Pertama (Depth-First Search)
2. Pencarian terbimbing (heuristic search)
a. Pembangkit & Pengujian (generate and test)
b. Pendakian Bukit (Hill climbing)
b.1 Simple Hill Climbing
b.2 Steepest-Ascent Hill Climbing
c. Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
c.1 OR Graph
c.2 Algoritma A*
d. Simulated Annealing
Sob kagak punya contoh program nya hill climbing ???
ReplyDeleteMantap sekali, kesimpulannya adalah ada 4 hal yang wajib diperhatikan dalam MENDESKRIPSIKAN MASALAH DENGAN BAIK, diantaranya adalah :
ReplyDelete1.Mendefinisikan suatu ruang keadaan (state space)
2.Menetapkan satu atau lebih keadaan awal (initial state)
3.Menetapkan satu atau lebih tujuan (goal state)
4.Menetapkan kumpulan aturan
Pemahaman ini akan diperjelas dalam studi kasus Penyelesaian Game River-IQ,
selengkapnya silakan simak di sini --> Mendefinisikan Masalah Sebagai Suatu Ruang Keadaan
Inside Outside Tests
ReplyDeleteCounters and Time Delays
Architecture of 80486 Microprocessor
Software Myths
Moore Machine
Substitution Techniques
Analysis and Synthesis Phases
Hexadecimal Counter Program
Stack and Subroutines in Microprocessor
ReplyDeleteCharacter Generation
Token, Pattern and Lexemes
View of OS as an Extended Machine and Resource Manager
Features of 80486 and Pentium Processor
AMP Module
One-pass Macro Processors
Dependency Graph