MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN (kecerdasan buatan)





Inference Engine

Secara umum, untuk mendeskripsikan masalah dengan baik, hendaknya:

  1. Mendefenisikan suatu ruang keadaan
  2. Menetapkan satu atau lebih keadaan awal
  3. Menetapkan satu atau lebih tujuan
  4. Menetapkan kumpulan aturan

Beberapa cara untuk merepresentasikan ruang keadaan, yakni:

  1. Graf Keadaan
  2. Pohon Pelacakan
  3. Pohon AND/OR

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

  1. Graf Keadaan

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

  1. Graf Keadaan

Pada graf keadaan dengan arah di atas:

>> Ada 4 lintasan yang mencapai tujuan, yakni :

1. M-A-B-C-E-T

2. M-A-B-C-E-H-T

3. M-D-C-E-T

4. M-D-C-E-H-T

>> Ada 5 lintasan yang tidak mencapai tujuan yakni :

1. M-A-B-C-E-F-G

2. M-A-B-C-E-I-J

3. M-D-C-E-F-G

4. M-D-C-E-I-J

5. M-D-I-J

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

  1. Graf Keadaan

Kelemahan graf berarah:

>> Memungkinkan terjadi siklus (perulangan) seandainya graf tidak memiliki arah.

>> Sulit mencapai tujuan

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

b. Pohon Pelacakan

Untuk menghindari kemungkinan adanya proses pelacakan suatu node secara berulang, maka digunakan struktur pohon

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

b. Pohon Pelacakan

à Keuntungan pohon pelacakan:

>> Tujuan tercapai

>> Tidak terjadi siklus

à Kelemahan pohon pelacakan:

>> Proses pelacakan agak lama (perlu waktu

lama)

2. MASALAH, RUANG KEADAAN dan PENCARIAN

c. Pohon AND/OR

Kelemahan pada teknik pohon pelacakan dapat diselesaikan dengan teknik pelacakan menggunakan pohon AND/OR.

Metode Pencarian dan Pelacakan

Ada 2 teknik pencarian dan pelacakan, yakni:

  1. Pencarian Buta (Blind Search)

a. Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)

b. Pencarian Mendalam Pertama (Depth-First Search)

2. Pencarian terbimbing (heuristic search)

a. Pembangkit & Pengujian (generate and test)

b. Pendakian Bukit (Hill climbing)

b.1 Simple Hill Climbing

b.2 Steepest-Ascent Hill Climbing

c. Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)

c.1 OR Graph

c.2 Algoritma A*

d. Simulated Annealing

Share this article :

4 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. My Kampuzzzz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger